Cara Menurunkan Panas Pada Bayi

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi




Cara Menurunkan Panas Pada Bayi - Cobalah dengan cara mengatasi demam ke anak dengan cara alami terlebih dulu, sebelum kalian memutuskan untuk memberikan obat-obatan dari bahan kimia. Obat kimia itu, bisa menimbulkan efek samping secara langsung ataupun dikemudian hari.

Cara Mengatasi Panas Pada Anak Secara Alami

1. Kunyit

Kunyit yg dikenal dengan nama kunir ini mempunyai kandungan yg bermanfaat untuk menurunkan demam pada anak. kandungan kunyit diantaranya, Curcumin, turmeron, atsiri & zingiberen yg mempunyai sifat antioksidan, antibakteri & inflamasi.

Cara menurunkan panas pada anak dengan menggunakan kunyit cukup mudah, yakni dengan mencuci satu ruas kunyit  sampai bersih. Parut kemudian tambahkan setengah gelas air panas, selanjutnya aduk sampai rata. Setelah dingin peras & ambil air perasannya. Tambahkan satu sendok makan jeruk nipis & madu, aduk sampai rata. Bagi menjadi 3 & minum 3 kali sehari pada anak-anak yg mengalami panas. Ramuan tersebut bisa juga dipakai untuk orang dewasa dengan cukup membaginya menjadi dua gelas saja.

2. Temulawak

Kandungan yang ada di temulawak mempunyai manfaat untuk membantu menurunkan demam pada anak-anak. Dan temulawak dari dulu dipercaya oleh masyarakat jawa untuk dijadikan obat panas demam. Selain itu, manfaat temulawak diantaranya, untuk mengobati diare, maag, mual, mencret & perut kembung.

Untuk mengatasi panas anak, berikut cara membuat ramuannya. Ambilah 1 jari temulawak, parut & tambahkan 100 ml ataupun setengah gelas air panas. Aduk hingga tercampur, setelah dingin peras & campurkanlah setengah sendok madu & minum 3 kali sehari untuk anak-anak. ramuan tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati panas orang dewasa dengan dilebihkan jumlah pemakaiannya.

3. Bawang Merah

Bawang merah adalah sahabat setia para ibu rumah tangga. Tapi tidak hanya untuk dipakai sebagai bahan bumbu buat masakan, bawang merah bisa membantu untuk mengatasi demam pada anak juga. Kandungan bawang merah diantaranya metilalin, minyak atsiri dan yang lainnya sangat membantu proses menurunkan demam pada anak.

Cara membuat obat herbal dari bawang merah untuk demam adalah dengan cara mengupas 5 buah bawang merah, lalu parut kasar saja & tambahkan minyak kelapa seperlunya. Cara menggunakannya ialah dengan membalurkannya ke ubun-ubun anak yg mengalami panas demam.

4. Air Kelapa Muda

Air kelapa menyimpan banyak nutrisi diantaranya ialah kalium. Ketika anak kalian mengalami panas, maka akan banyak mengeluarkan keringat. Untuk menurunkan keadaan panas yg dialaminya, sebaiknya kalian minumkan air kelapa muda.

Perbanyak meminum air kelapa muda, dengan begitu panas pada anak akan perlahan-lahan menurun. Tidak hanya buat anak-anak saja, meminum air kelapa muda bisa juga menurunkan demam untuk orang dewasa.

Ada hal yg perlu kalian ketahui, apabila dengan menggunakan cara mengatasi panas di atas tidak bisa mengurangi panas anak, maka kalian bisa segera hubungi dokter agar memeriksanya. Ada pun gejalanya demam yg harus kalian waspadai ialah sebagai berikut:

Gejala Demam Pada Anak Yang Berbahaya

Ada beberapa keadaan demam yg harus kalian waspadai & segera ke dokter guna mengatasinya, yakni:
  • Sakit Kepala yg Parah.
  • Muntah terus menerus
  • Mata jadi sensitif terhadap cahaya.
  • Ruam di kulit & menyebar dengan cepat ke bagian tubuh.
  • Sakit bila kepala menunduk & kaku.
  • Sakit di dada & napas sesak.
  • Kejang-kejang.
  • Sakit ketika buang air kecil.
  • Gerakan otot & panca indra melemah.
  • Tanda-tanda dehidrasi pada anak, yakni bibir & mulut kering, tidak mau makan, jarang buang air besar, detak jantung melemah & kesadaran menurun.

Baca Juga :
Kenapa Bayi Menangis Tengah Malam

Jika panas ataupun demam anak diikuti dengan gejala-gejala di atas, maka secepatnya periksakan pada dokter. Demikianlah cara mengatasi panas pada anak dengan bahan alami. Semoga informasi tersebut bermanfaat & membantu.



Share this: